Thursday, January 23, 2020

Macam-Macam Jasa Pengiriman Barang Paling Populer di Indonesia


x


Perkembangan e-commerce yang terus meningkat saat ini sangat berdampak dengan hadirnya beragam jasa pengiriman barang. Ya, macam-macam jasa pengiriman barang tersedia sebagai mitra dalam transaksi barang menggunakan e-commerce. Tentu, bisa dipastikan jika kedua hal ini seperti dua sisi mata uang yang tak bisa dipisahkan.
Berbincang tentang jasa pengiriman barang yang ada di Indonesia, ada fakta yang menunjukkan bahwa ada cukup banyak opsi mengenai jasa tersebut. Adanya cukup banyak jasa pengiriman barang tentu akan memberikan banyak opsi ketika seseorang ingin mengirim barang.
Tentu, mengenal beragam jasa pengiriman barang tersebut menjadi penting. Terutama bagi pembeli, mereka bisa membandingkan biaya pengiriman yang harus ditanggung.
Macam-Macam Jasa Pengiriman Barang Populer
Sebagaimana disinggung di awal bahwa ada macam-macam jasa pengiriman barang yang cukup populer di Indonesia. Adanya cukup banyak jasa pengiriman barang memang memberikan cukup banyak opsi untuk memilih kurir yang paling murah.
Nah, beberapa pilihan jasa pengiriman barang dan beberapa informasi penting di dalamnya adalah sebagai berikut:
  1. JNE
JNE adalah salah satu jasa pengiriman barang yang cukup terkenal di Indonesia. Sebenarnya, perusahaan ini memiliki nama resmi PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir dan dulunya merupakan bagian dari Tiki yang mengurus pengiriman ke luar negeri. Akan tetapi, jasa pengiriman yang didirikan pada tahun 1990 ini akhirnya fokus ke domestik.
Salah satu alasan kenapa akhirnya JNE lebih fokus untuk jasa pengiriman dalam negeri adalah fakta jika pengiriman ke dalam negeri cenderung lebih menguntungkan. Selama bertahun-tahun JNE dan TIKI berkembang dan menjadi saingan. Akhirnya, keduanya pisah dan mendirikan jasa sendiri-sendiri saat ini.
  1. POS Indonesia
POS Indonesia adalah salah satu dari macam-macam jasa pengiriman barang yang cukup populer dan masih laris hingga saat ini. POS Indonesia adalah jasa pengiriman barang yang merupakan BUMN.
Perlu diketahui bahwa jasa pengiriman barang ini ternyata didirikan pada era VOC. Dulu, kantor POS Indonesia awalnya ada di Jakarta dan didirikan pada tahun 1746. Sementara itu, jasa pengiriman barang ini baru resmi menjadi milik Indonesia pada tahun 1945. Secara umum, POS Indonesia melayani bisnis surat paket dan jasa keuangan.
  1. J&T
J&T adalah salah satu jasa pengiriman barang yang bisa dikatakan cukup baru. Kehadirannya turut meramaikan macam-macam jasa pengiriman barang yang sudah ada sebelumnya. Saat kehadirannya, jasa pengiriman barang ini cukup banyak mendapatkan respons positif terutama dari para pelaku bisnis online.
Ya, jasa pengiriman barang yang memiliki slogan gratis jemput di tempat ini memberikan keuntungan bagi para pelaku bisnis online tanpa harus mendatangi kurir pengiriman. Hanya dengan menghubungi agen terdekat, maka nantinya barang akan dijemput kemudian di registrasi dan dikirim hingga sampai ke tujuan.
Apa yang unik dari jasa pengiriman barang adalah tidak adanya pilihan paket. Ya, J&T hanya menyediakan satu paket yaitu paket EZ. Namun, paket ini sangat menarik dengan kecepatan pengiriman yang bisa dikatakan cukup cepat dan prima. Terlebih, pihak J&T tetap melakukan pengiriman ke konsumen meskipun di hari Minggu.
  1. SiCepat
Satu dari macam-macam jasa pengiriman barang yang cukup banyak peminat adalah SiCepat. Bisa dikatakan bahwa SiCepat sebenarnya adalah salah satu jasa pengiriman barang yang cukup baru. Hal ini dikarenakan SiCepat baru didirikan pada tahun 2004 yang lalu yang termasuk paling muda diantara beberapa jasa pengiriman lainnya.
Namun, dengan layanan yang sangat menarik dan beragam kemudahan yang diberikan, SiCepat menjadi jasa pengiriman barang dengan pertumbuhan yang cukup cepat. Hal ini salah satunya disebabkan adanya pengiriman via darat dan laut yang disediakan sehingga memudahkan pelanggan.
Tidak hanya itu, dengan slogan your delivery is our priority, SiCepat senantiasa berusaha memberikan layanan terbaik bagi para pelanggan mereka. Saat ini, SiCepat menjalin kerja sama dengan beragam marketplace dan banyak memberikan keuntungan dalam transaksi.
  1. NinjaXpress
NinjaXpress masuk dalam salah satu dari macam-macam jasa pengiriman barang yang cukup populer di Indonesia. Meskipun, aslinya NinjaXpress adalah jasa pengiriman yang berasal dari Singapura. Indonesia adalah negara kesekian yang menjadi target bisnis NinjaXpress selain beberapa negara di kawasan Asia, Afrika, Amerika dan Timur Tengah.
Jasa pengiriman barang ini mengklaim bahwa mereka memiliki dukungan lebih dari 3.000 klien. Tidak hanya itu, NinjaXpress mengaku bahwa mereka bisa mengirimkan hingga 15.000 paket per hari.
Dalam urusan kecepatan pengiriman, memang NinjaXpress bisa dikatakan biasa saja. Waktu pengantaran standard NinjaXpress adalah 4 hingga 7 hari. Namun, jasa pengiriman ini termasuk cukup stabil dan tidak terlalu banyak komplain dari pengguna sehingga bisa diandalkan,
Hal menarik lain dari NinjaXpress adalah penggunaan teknologi terbaru yang terus dikembangkan. Dengan teknologi yang digunakan, NinjaXpress bisa dikatakan sebagai salah satu pelopor jasa pengiriman barang yang modern.
  1. TIKI
Siapa yang tidak kenal dengan jasa pengiriman barang yang satu ini? Diantara macam-macam jasa pengiriman barang, TIKI adalah salah satu jasa pengiriman barang yang paling populer. Tidak hanya itu, TIKI juga termasuk salah satu jasa pengiriman barang paling awal di Indonesia yang berdiri pada tahun 1970 yang lalu.
Apa yang menarik dari TIKI adalah adanya cukup banyak layanan yang disediakan. Jika pelanggan ingin mengirimkan barang dengan cepat, maka ada paket YES atau Yakin Esok Sampai yang disediakan. Juga, TIKI sudah memiliki hingga 800 titik pelayanan. Adanya banyak titik ini membuat layanan ini bisa diandalkan sampai ke pelosok negeri.
  1. First Logistics
Nama First Logistics mungkin belum terlalu terkenal dibandingkan dengan beberapa jasa pengiriman barang lainnya. Hal ini memang cukup masuk akal karena jasa pengiriman barang ini baru didirikan pada tahun 2007 yang lalu.
First Logistics memiliki pusat layanan di Tangerang dan menjadi mitra resmi dari beberapa marketplaces ternama yang ada di Indonesia. Meskipun tampak masih baru, layanan yang diberikan oleh First Logistics bisa dikatakan sangat menarik.
Untuk pengiriman lokal, ada pengiriman same day yang disediakan. Selain itu, ada pula pilihan pengiriman one-night service dan regular services yang sampai sekitar 2 hingga 3 hari.
  1. Wahana Logistik
Wahana Logistik masuk dalam satu diantara macam-macam jasa pengiriman barang yang populer di Indonesia. Jasa pengiriman barang ini sebenarnya sudah berdiri sejak tahun 1998 namun baru begitu populer beberapa tahun ke belakang ini.
Jasa pengiriman barang ini dikenal sebagai salah satu penyedia layanan dengan harga layanan yang cukup terjangkau. Tidak hanya itu, layanan Wahana cukup luas hingga ke pelosok negeri sehingga bisa diandalkan sebagai jasa pengiriman barang alternatif.
Nah, demikian beberapa ulasan tentang macam-macam jasa pengiriman barang yang ada di Indonesia dan bisa dijadikan opsi yang sangat menarik untuk mengirim barang. Cek dan bandingkan layanan jasa pengiriman tersebut untuk mendapatkan layanan terbaik sesuai keinginan.

Macam-Macam Jasa Pengiriman Barang Paling Populer di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: bm cuwii

0 comments:

Post a Comment